Cara Membuat Blog

Apa Itu Blog?
Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.(Sumber: Wikipedia)

Kali ini, saya akan menjelaskan cara membuat blog di blogger.com. Mudah2an, bisa membantu temen-temen yang mau punya blog sendiri.

Apa Aja yang Dibutuhin Buat Ngebuat Blog?
1. Bisa ngetik
2. Bisa baca
3. Paham soal registrasi
4. tersambung dengan internet
5. Uang? untuk saat ini bikin blog di blogger.com gratis kok..:)
6. Punya email(saya sarankan memiliki email di gmail.com)

Pertama-tama, kamu harus mempunyai email, karena, kamu akan surat menyurat dengan pihak blogger.com untuk mengkonfirmasi account-mu di blogger.com. Saran saya, seperti yang tercantum di atas, kamu memiliki email di gmail.com, kenapa? karena, jika kamu mempunyai email di gmail.com, proses membuat blog yang kamu mau bisa lebih cepat(insyaallah). Tapi, bagi yang ingin menggunakan email yang lain, silahkan:).

Ok, sekarang ayo berangkat ke blogger.com saatnya beraksi ;).
Bagi yang menggunakan email gmail, langsung masukan email dan password email gmail-mu di form log-in dan menuju step berikutnya. Bagi yang menggunakan email selain gmail, klik form "Buat Baru" dan lakukan registrasi untuk memilki account di blogger.com.

Setelah kamu registrasi, kamu akan diminta untuk memilh template yang udah disediain sama pihak blogger.com. Kamu boleh pilih yang mana aja yang kamu suka, dan pastinya, kamu di minta buat ngasih nama blog kamu, dan judul blog kamu. Apa bedanya? nama blog kamu, itu nama bwt keseluruhan isi blog kamu. Sedangkan judul blog kamu, itu yang bakal muncul di kop blog kamu(kepala surat?O_O').

Jika semuanya sudah beres, kamu udah siap buat ngeblog:). Untuk membuat sebuah entry(tulisan), klik form buat entry(new entry). Isi judul dari tulisanmum dan tulis juga isinya:). Kalau tulisannya mau dibuat bersambung(kya sinetron:p). Maaf salah, maksudnya, kalau tulisannya mau disimpen dulu dan belum mau di share atau diterbitkan, klik form save as draft. Kalau memang sudah siap untuk diterbitkan, langsung aja klik form terbitkan entry;). Oh iya, kamu juga bisa lho ngerubah template kamu sesuai dengan template editan-mu sendiri atau copas(copy-paste) dari orang lain hehe, seru kan?:D

0 Komentar :):

Posting Komentar